Topik Utama : Jamu Kuatseng Istimewa

Topik Utama : Jamu Kuatseng Istimewa

Rabu, 03 Oktober 2007

Jamu Nomor 5...

SEBUT saja Jamu Nomor 5. Pengecer, agen, atau distributor di Cilacap, Jawa Tengah, sudah mafhum bahwa yang dimaksud adalah jamu khusus untuk laki-laki.

Perajin jamu di Cilacap memang menggunakan kode nomor 5 untuk jamu yang peruntukannya bikin laki-laki makin perkasa dalam perkara ranjang. Nomor 5 sudah semacam nama generik seperti nomor 2, misalnya, untuk rematik. Nama paten dengan begitu bisa macam-macam.

Sebagai salah satu pusat penghasil jamu tradisional di Jawa Tengah dengan 600-an merek-sebagaimana jumlah perajin atau pengusaha yang terdaftar-di Koperasi Jamu Jawa Aneka Sari dari Cilacap bisa ditemukan puluhan nama paten bagi urusan keperkasaan itu. Bilang beberapa saja: Machoman, Perkasa Super, Pro Stamin, Raga Vit 12, dan Stutman. Kemasannya beragam. Ini biasa. Yang enggak biasa, komponen peramunya dari satu paten ke paten lain bisa pula beraneka. Padahal, khasiat yang diiming-iminginya sama. Oh, mysterium fascinatum!

"Wah, ini yang saya cari," kata seorang laki-laki berumur 45 tahun di satu bilangan di Cilacap. "Yang ini sudah pasti bikin greng."

Tiga kawannya mengomentari kehebatan beberapa bungkus jamu merek Machoman dan Stutman yang dibuat seorang perajin di Kecamatan Kroya, Cilacap. Entah dari mana mereka mendapatkannya karena kedua merek jamu itu konon sudah tidak diproduksi lagi. Yang menarik, daya pugar Machoman dan Stutman ini sudah dimulai sejak di kemasan. Sampulnya bergambar perempuan telanjang.

Menurut keterangan sejumlah pengecer dan agen, jamu kuat laki-laki adalah produk jamu yang kini paling banyak dicari. Jadi, mestinya paling laris juga.

Di urutan kedua adalah jamu nomor 1. Khasiatnya disebut-sebut bikin gemuk. Peringkat ketiga diraih jamu nomor 2, ya itu tadi, untuk rematik. Masalahnya, belakangan ini si nomor 5 sulit dicari. Apa pasal? Lantaran penarikan makanan suplemen Australia?

Tunggu dulu. Jauh sebelum sebutan suplemen didengung-dengungkan, konsumsi jamu sudah lama mentradisi di Pulau Jawa. Harga jamu yang relatif murah membuat kedatangan makanan suplemen mahal dari luar negeri itu menciptakan stratifikasi kelas sosial di sektor ini: jamu untuk kelas bawah, suplemen untuk kelas menengah ke atas.

Kembali pada kelangkaan si nomor 5. Seorang pedagang jamu di Kota Sampang, Cilacap, menyebutkan, "Mungkin karena pemasarannya sekarang ini lebih banyak justru ke luar Jawa."

Akan tetapi, ada faktor lain. Badan Pengawas Obat dan Makanan dalam empat tahun terakhir mengumumkan bahwa berbagai jenis jamu dicampuri obat keras. Salah satu yang ditemukan adalah jamu "Sehat Laki-laki" yang, menurut temuan Badan POM, dicampur dengan antalgin. Entah apa kaitan antalgin dengan keperkasaan.

Dokter Paulus Ghozali dari Rumah Sakit Umum Margono Soekardjo, Purwokerto, menyebutkan, "Kalau ada orang yang mengatakan setelah minum jamu kuat laki-laki dan dalam waktu relatif pendek kejantanannya berjolak, itu bukan lantaran jamu. Itu hanya sugesti." (NTS)

Sumber: http://www.kompas.com/kompas-cetak/0305/11/Fokus/304359.htm

Tidak ada komentar: